Thursday 9 December 2010

GMAIL

0


Mungkin Anda masih ingat saat layanan email gratis berlomba – lomba memberikan kapasitas space yang lebih besardari sebelumnya (sedikit mirip dengan perang tarif pulsa di Indonesia) hal yang menjadi pemicunya adalah kehadiran Gmail. Saat sebuah perusahaan ternama seperti Google menawarkan layanan email, tentunya membuat ketar – ketir kompetitornya.
Padahal bisa dikatakan peluncuran layanan email dari Google pada 1 April 2004 ini sudah dapat diprediksi. Sebagai search engine yang sukses, tentunya cepat atau lambat Google akan berekspansi hal yang mudah, diperlukan waktu 7 tahun pengembangan sebelum Gmail diumumkan ke publik. Hingga artikel ini dibuat, status Gmail masih versi beta walaupun secara umum sudah cukup stabil dan memuaskan.
Gmail memliki banyak kelebihan dibandingkan layanan serupa, antara lain menawarkan POP3 dan IMAP gratis,tampilan webmail yang friendly dan interaktif dengan pemrograman Ajax, serta kemampuan spam filter yang baik. Keunggulan – keunggulan yang tidak (atau jarang) dimiliki kompetitornya ini langsung terasa bagi pengguna.
Gmail adalah contoh layanan yang sukses karena berbeda dan dapat memberikan sesuatu yang lebih baik, walau sebelum kehadirannya, sudah terdapat banyak layanan email yang popular.

0 Komentar: