Monday 4 November 2013

Bahagia itu Sederhana

Hollaaa November Rain,,, but my heart is not rainy #eehhh apasih ga jelas hahahaha,,,

Great banget November ini mungkin puncak kebahagiaan yang gue tanam sejak tahun ini, why? Kasih tau gak yaaaa?? Gak Kepo kan? hihihihihihi

Yuph, masih dalam moment "Berbagi" yang merupakan bagian dari tiap hidup gue. Masih ingat kan postingan gue yang berjudul "Berbagi Keceriaan itu Indah"? Nah,,, ini ada kelanjutannya nih... Simak dan bacanya dari mulut lalu ke hati yaaa....

Ahad, 03 November 2013

Sehari setelah resepsi pernikahan abang gue di Depok, entah kenapa rasa letih itu hilang begitu saja karena tau kalau gue akan ketemu dengan adik-adik di Rumah Singgah Tjiliwoeng ( Yayasan Bhakti Nurul Iman Manggarai) yang dijembatani oleh Laskar Pendidikan (dulunya RUMI Mengajar from Rumi Jakarta). Kalian tau gak? Mereka itu obat rasa letih gue... Bayangin ajah gue absen dari minggu kedua oktober sampai minggu akhir oktober karena pulang ke my old hometown at Manokwari Papua Barat. Dan selama itu gue harus disibukkan dengan keperluan abang nikahan di Manokwari from 16 till 23 Oktober 2013.

Dari awal keberangkatan ke Manokwari itu gak ada istirahatnya. Namanya juga prepare buat pernikahan mana ada yang simple sih,,, and then sampai gue balik ke Jakarta pun masih disibukkan dengan acara resepsi kedua di rumah gue kawasan Depok. Nah kan,,,, belum ada jeda untuk rehat, gue harus tetep memenuhi kewajiban gue sebagai karyawati dan mahasiswi yang dikit lagi wisuda. Ruwet banget dari mulai prepare sana sini, mana yang harus didahulukan juga sampai galau... Ditambah lagi karena gue adik satu-satunya, so semua mengandalkan gue. Dan gue sadar, suatu waktu nanti gue juga akan seperti abang gue. 

Di atas kuda besi orange berlabel Repsol, diri ini melanglang buana mulai dari berangkat kerja, ijin ke kampus, balik kerja lagi, telp sana sini keperluan resepsi, sampai lupa sama yang namanya tingkat kebersihan. Gue jarang banget cuci muka karena udah lelah, gue jarang mandi sore, ampe lupa ngabarin ke temen-temen.... #cueknya kebangetan....

Sabtu resepsi, kelar malam, dan langsung gue copotin tuh dekor mulai dari pelaminan sampai nyapuin jalanan yang kotor.... :D so happy banget buat ngelarin malam itu karena gue tau, ahad-nya gue harus ngajar.
Habis kelar, gue harus total banget rehat ngisi tenaga. Alhamdulillah paginya seger banget dan semangat buat ngepel dan beresin rumah ala kadarnya dulu deh, karena masih banyak saudara yang nginep. Rumah beres, cusssss ke Manggarai.

Teng jam dua siang gue tiba disana, jreeeeeennggggggg "Kak AiRa.....", teriak adik-adik yang serius belajar menoleh kebelakang dan salim denganku. Kalian bayangin gak? Dibenak gue, gue mikir "Tiga minggu gue absen, apakah mereka lupa sama gue? Pun kalau lupa gak kenapa sih, tapi ngerasa gimana ajah gitu". Tapi pas gue dateng dan disambut dengan panggilan nama gue,, its so amaziiiinggg banget buat gue. Jujur lelah bulan oktober sampai dengan kemarin itu lenyap dan Yaa Allah mereka masih inget sama gue!


Dengan membawa gitar, salah seorang adik kecil bertanya, "Kak, ajarin aku main gitar ya" | "with my pleasure, baby" (luluhnya hati ini). Adik-adik dari kelas satu sampai kelas tiga belajar di bawah dengan mata pelajaran PLBJ yang di ajarin sama Kak Ulfa. Lalu di jam kedua ada kelas Matematika yang di ajarin sama Kak Rasyid. Aku baru kenal loh sama volunteer ini... Jadi nambah silaturrahmi deh :D Alhamdulillah...

Dikelas empat sampai kelas enam ada Kak Dian yang ngajar Matematika juga, lalu di kelas SMP-nya ada Kak Dio yang ngajar, dan di jam keduanya ada Kak Jamal yang ngajar. Dan di jam terakhir ada belajar menyulam dengan Kak Widya. 

Kak Ulfa lagi ngajarin PLBJ tentang Rumah Sehat :)

Kak Widya lagi ngajarin Menyulam :)

Serasa diri ini bahagia banget karena membawa seorang yang hampir putus asa dalam menyelesaikan skripsinya dan gue paksa buat ikutan jadi volunteer biar tau rasanya gimana. Danu, adalah adik berumur lima tahun yang masih belum bisa baca tulis. 
Pemuda ini bertanya pada Danu, "Danu, kalau udah besar mau jadi apa?" | "Jadi pemulung ajah, Kak" | "Kok pemulung? Danu mau gak jalan-jalan terus bisa kayak kakak-kakak di depan?" | "Mau, Kak. Tapi harus belajar ya, kak?" | "Iya dong harus rajin belajar"| 

Ini namanya Danu
Perbincangan alhamdulillah ngebuka "dikit" pikiran si pemuda ini. Gimana dia yang mau stopin skripsinya hanya karena gak dapet bahan buat skripsi. Gue bilang ajah, "Kalau tuh skripsi di stop, lo jadi pemulung ajah tuh gantiin si Danu". Hahahaha, tajem sih tapi biarin bomat deh yang penting tuh orang nyadar dan semangat buat ngelarin kewajibannya dia. 

Diakhir session, kita nyanyi bersama, mulai dari lagu "Aku Bisa" dengan koreografernya yang kece badai "Kak Fya" hihihihi. Dan olah vocal bersama adik-adik rumah singgah mulai dari lagu potong bebek angsa sampai tuh bebek jadi makanan hohohohoho :D Cerianya mereka adalah obat kerinduanku loh jujur banget nih dari hati, kangen ama jodoh ajah ampe lupa,,,, wkwkwkwkw #pissss

Banyak keceriaan yang gue dapet dari adik-adik di rumah singgah ini, apa saja? Banyak bangeeeeettt... Mulai dari rasa sabar yang terolah, bagaimana bisa pandai bersyukur, bagaimana bisa berbagi tanpa harus merasa "TAPI". Dan bagaimana cara senyum ikhlas dalam mengajar.... 

Jepretan ini ku persembahkan untuk kalian ! Semoga dari hasil jepretan ini, kalian bisa lebih terbuka hatinya untuk membantu mereka dalam bidang Pendidikan,,, You Don't Have Money? No POLEM !!! Yang kita butuhkan adalah WAKTU dan TENAGA kalian untuk membantu ikhlas mewujudkan impian adik-adik kita ini. How??? Kalian bisa gabung dengan kita untuk menjadi Volunteer di program Rumi Mengajar. 

Semangat belajar mereka yang membuat diri ini makin lebih semangat


Berbagi itu Indah 

FIA, yang senang dengan Grafity, Nyanyi dan Bermain Ukulele

Lagi belajar nyanyi "AKU BISA"

Kak Fya yang selalu ceria untuk mengajar adik-adik


Bernyanyi Bersama :)
Kirim data diri kalian serta ALASAN mengapa ingin menjadi volunteer, lalu kirim ke  volunteer.laskarpendidikan@gmail.com . Recomended banget buat kalian yang udah kerja tapi gak tau mau disedekahin kemana sebagian uang gajiannya? Boleh banget, dengan senang hati kami menerimanya sebagai Donatur untuk membantu program ini sebagai biaya pendidikan adik-adik rumah singgah ini :).

"BERANI BERMIMPI MENGGAPAI CITA-CITA"