Tuesday 15 November 2011

Ciri – ciri Kader yang Potensial



Banyak karyawan di sebuah perusahaan, namun tidak semua memiliki keistimewaan untuk menjadi pemimpin. Mari kita mengenali dari cirri – cirinya :

1.       Jiwa Kepemimpinan
Ada pepatah mengatakan “mendengar sesuatu yang tidak terdengar merupakan satu – satunya cara terbaik untuk menjadi pemimpin yang bijak”. Pepatah itu menjelaskan bahwa menjadi pemimpin yang baik memanglah sangat sulit. Kader yang memiliki jiwa kepemimpinan bias dilihat dari seberapa baik kemampuannya mempengaruhi dan mengendalikan diri. Senada dengan pendapat Charles C. Manz dalam bukunya The New Superleadership : Leading Others to lead Themselves; esensi kepemimpinan adalah proses untuk mempengaruhi.
Triana Refelina mengakui tak semua orang memiliki jiwa kepemimpinan yang baik. Itu menjadi tantangan bagi perusahaan untuk menemukan potensi kepemimpinan pada setiap kader.

2.       Soft Competency
Merupakan kemampuan yang didapat bukan atas hasil pelajaran. Contohnya seperti pelayan pelanggan ( customer service orientation), hubungan interpersonal (interpersonal relation), dll. Jenis kompetensi ini berkaitan erat dengan kemampuan untuk mengelola proses pekerjaan, hubungan antar manusia serta membangun interaksi dengan orang lain.

3.       Hard Competency
Jenis kompetensi ini berkaitan dengan kemampuan fungsional atau teknis suatu pekerjaan. Dengan kata lain, kompetensi ini berkaitan dengan seluk beluk yang berkaitan dengan pekerjaan yang ditekuni. Contohnya : riset pemasaran, analisis pemasaran, perencanaan tenaga kerja (manpower planning), dll.